5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto


Kalau ngomongin kuliner, pasti gak akan ada habisnya nih. Apalagi kalau kulineran di Purwokerto, kota kecil dengan kuliner yang melimpah. Gak percaya? buktikan sendiri.

Nah buat kalian yang belum tau Purwokerto ada di mana, bakalan saya kasih tahu. Purwokerto letaknya ada di Provinsi Jawa Tengah, di kaki Gunung Slamet. Akses menuju Purwokerto atau yang sering disebut dengan "Kota Satria" ini sangat mudah. Bisa dengan kereta, ataupun dengan bus. Jangan sampai salah, karena kebanyakan orang-orang sering ketuker antara Purwokerto dan Purwakarta. Kalau Purwokerto di Jawa Tengah, sedangkan Purwakarta ada di Jawa Barat.

Lanjut bahas kuliner yaa, ini kuliner yang wajib dan mesti temen-temen datengin ketika menyambangi Purwokerto.

1. Sahoun Ayam Pak Kartim

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto


Nahhh, yang pertama ini Sahoun Ayam Pak Kartim. Ini sepertinya hanya ada di Purwokerto, jadi temen-temen wajib banget pokoknya cobain. Sahoun ini makanan berkuah, yang seger banget. Mau dimakan dengan atau tanpa sambal tetap enak. Bahkan buat saya yang tidak suka makan pedas, kalau makan Sahoun Ayam Pak Kartim ini pasti pake sambal. karena enaaaaaak. Dijamin. Selain itu, ayamnya beuuuuuh nampol banget. Masalah harga, tenang harga-harga di Purwokerto masih terjangkau, kisaran Rp.10.000.

Nah buat yang belum tahu letaknya, Sahoun ayam Pak Kartim ini letaknya ada di 4 tlokasi. Yang pertama ada di Jl. Kali Putih, sebelah selatan MI Negeri 1 Banyumas. Selain di situ, ada juga di Pasar Wage, di Jl. Jenderal Soedirman, yang ketiga (khusus sore hari) ada di belakang MI N 1 Banyumas. Yang ketiga ini masih gerobakan gitu di pinggir jalan tidak jauh dari MI N 1 Banyumas. Nah yang terakhir nih letaknya ada di depan POM Bensin Arcawinangun. Semuanya sama, karena mereka semua masih satu keluarga.

2. Soto Sokaraja "Sutri"

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

Masih edisi makanan berkuah, yang kedua saya akan mengajak teman-teman ke daerah Sokaraja. Daerah Sokaraja ini selain terkenal dengan getuk gorengnya, juga terkenal dengan soto nya. Soto Sokaraja, lain dengan Soto yang ada di Solo dan daerah lainnya. Karena Soto Sokaraja ini menggunakan bumbu kacang dan ketupat. Banyak sebenarnya penjual soto yang ada di Purwokerto ini, tetapi Soto Sutri ini lah yang menjadi favorit. Walaupun letaknya masuk gang, tetapi tetap menjadi buruan warga Purwokerto dan juga para pendatang. 

Letak Soto Sutri ini, dekat dengan POM Bensin Sokaraja Kulon. Sebelum POM Bensin (Jika arah dari Purwokerto) ada gang ke kiri, masuk. Lurus saja, nanti letak Soto "Sutri" ini ada dipertigaan persis. Atau jika memang kebingungan saya sarankan bertanya kepada orang sekitar, pasti tahu.

Untuk harga, masih normal sekitar Rp.15.000 dan teman-teman bisa puas. Dijamin.

3. Soto "Sami Asih"

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

Makanan yang ke-3 masih dengan Soto, tetapi dengan penjual yang berbeda. Di sini bukan hanya Soto saja, tetapi bakso dan mie ayam juga ada. Jadi jika teman-teman ingin makan dengan banyak pilihan, misalnya mau makan Soto+Bakso, bisa banget datengin Soto "Sami Asih" ini. Wajib juga dicoba. Ketika dateng ke sini, diharapkan untuk bersabar karena antrian pasti banyak.

Untuk soto "Sami Asih" ini letaknya ada di tengah kota dan aksesnya mudah.  Letak Soto "Sami Asih" ini ada di Jl. Pramuka, dekat dengan Jl. Jenderal Soedirman.
Untuk harga masih murah, sekitaran Rp. 15.000.

4. Lumpia Boom

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

Makanan ini juga wajib banget dicoba. Selain lumpianya enak, sambelnya juga mantap. Ya, lumpia boom in tampil dengan ukuran jumbo yang berbeda dengan lumpia pada umumnya. Walaupun namanya Lumpia Boom, tetapi yang disajikan disini bukan hanya Lumpia boom, ada juga menu lainnya. Kalau berkunjung kesini, saya rekomendasikan Paket Lumpia Komplit. Jadi kalau lumpia komplit itu nanti didalamnya ada bakso, ayam, sosis (macem-macem).

Untuk harganya sendiri masih terjangkau untuk semua, sekitaran Rp. 10.000.

Lumpia Boom ini banyak cabangnya, teman-teman bisa menemukannya didaerah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) tepatnya di depan Auditorium Graha Widyatama Unsoed. Selain itu juga dapat ditemukan di Sokaraja dan Dukuhwaluh daerah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

5. Mendoan Kriuk

5 Tempat Kuliner Wajib di Purwokerto

Yang terakhir ini, paling nikmat kalau dinikmati malam hari bersama jahe susu atau kopi. Mendoan ini merupakan makanan khas dari Purwokerto yang terbuat dari tempe kedelai. Mendoan ini merupakan makanan favorit semua orang yang berkunjung ke Purwokerto, kalau teman-teman berkunjung ke Purwokerto tetapi belum nyobain Mendoan, berarti Purwokertonya belum dapet.

Nah belum lama ini muncul inovasi dari mendoan, yaitu Mendoan Kriuk. Biasanya yang menikmati Mendoan Kriuk ini adalah kalangan anak-anak muda Purwokerto dan juga anak-anak muda pendatang yang sedang menuntut ilmu di Purwokerto. Mendoan Kriuk ini menjadi favorit karena rasanya yang enak dan gurih, selain itu juga harganya sangat mahasiswa. Jadi tidak salah jika Mendoan Kriuk ini menjadi favorit dikalangan anak muda.

Lokasi Mendoan Kriuk ini juga sangat mendukung, karena berada di daerah lokawisata Baturraden, tepatnya di daerah Terminal Baturraden. Daerah Baturraden ini memiliki suhu yang dingin, sehingga sangat nikmat dan cocok uuntuk menyantap Mendoan Kriuk dikala udara dingin menyelimuti.

Nah demikian 5 Kuliner yang wajib teman-teman coba ketika berkunjung ke Purwokerto. Pastinya masih banyak lagi kuliner-kuliner yang belum disebut, seperti Soto Belimbing di Sokaraja, Mie Ayam Kamandanu 4, Mie Ayam Kamandaka, Ayam Goreng Tantene, dll. Kalau saya tulis semua disini, ga akan cukup.
Pokoknya Jangan sampai kunjungan teman-teman ke Purwokerto berbuah penyesalan gara-gara tidak mencoba kuliner kuliner tersebut.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Senangnya Kuliah di Sastra Inggris Unsoed

Tempat Nongkrong di Purwokerto

Kebahagiaan Anak Rantau