Kebahagiaan Anak Rantau

Kebahagiaan anak rantau yang akan aku ceritain kali ini adalah sesuatu yang sangat biasa sebenarnya, tetapi hal ini terasa sangat luar biasa ketika aku berada diperantauan. Apa ya kira-kira? bisa nebak ngga? ah paling tebakannya juga salah. Oke aku kasih tau langsung aja ya, sesuatu yang tadinya biasa aja, tetapi terlihat luar biasa ketika diperantauan adalah menemukan plat nomor kendaraan yang sedaerah!
Kebahagiaan anak rantau

Mungkin ini terlihat konyol ya, tetapi hal ini yang aku rasakan ketika berada diperantauan. Ketika aku berada di jalan, di toko swalayan, atau di tempat nongkrong dan lihat ada plat motor/mobil yang sama dengan plat motorku, di situ aku merasa senang. Ingin rasanya aku cari tahu siapa pemilik kendaraan tersebut, lalu berkenalan dengannya.

Pernah suatu ketika, aku sedang bersama teman kelas nongkrong di angkringan dekat toko swalayan di belakang kampus. Aku dan teman-teman duduk diemperan sebuah warung. Lalu, saat duduk, ternyata motor yang didepanku plat motornya sama dengan plat motorku. Aku penasaran dan senang karena bertemu dengan orang yang sedaerah.

"Plat R tuh, Fur." temenku bilang.

"Wah iya nih, anak mana ya kira-kira?" jawabku.

"Coba kamu tanya nanti, anak mana dia. Berani ngga?" temenku mencoba ngasih tantangan.

Dengan pede ku jawab "haha, siap. Siapa takut."

Dan ketika yang empunya motor datang, langsung lah aku tanya ke dia. Kebetulan yang punya motor cewe (ngga modus lho ya).

"Mba, Purwokerto ya?" tanyaku.

"Cilacap, mas." jawabnya

"Oh, kirain Purwokerto. Soalnya Plat R si, hehe" Sahutku dengan ekspresi  muka sedikit menanggung malu.

Temanku yang duduk di sampingku langsung cekikikan saat tahu kalau tebakanku salah. Tapi tidak masalah bagiku, setidaknya rasa penasaranku terjawab sudah. haha

Ya, memang Plat R ini kan bukan hanya Purwokerto saja yang menggunakan. Ada Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara juga yang memakai Plat R. Jadi tidak masalah bagiku kalau dia orang Cilacap, Banyumas, Purbalingga atau Banjarnegara. Yang terpenting adalah kita masih sama-sama ngapak. Kalau orang-orang bilang biasanya "Ngapakers" dengan jargonnya "Ora ngapak ora kepenak". Pokoke nyong tetep seneng nek ketemu karo wong ngapak sing plat motore "R"! hahaha

Apakah hanya aku saja yang merasakan hal seperti ini, atau kalian juga merasakannya?

Comments

Popular posts from this blog

Senangnya Kuliah di Sastra Inggris Unsoed

Tempat Nongkrong di Purwokerto